Sabtu, 26 April 2014

Philip Glass "Strung Out" Johnny Gandelsman "MUSIK MINIMALIS"





Dapat dikatakan 'Strung Out " (1966) merupakan karya pertama dari Philip Glass, karya ini untuk biola yang diamplifikasi. Karya ini dapat dikatakan sudah sepenuhnya gaya Glass yang utama, yaitu teknik repetitif yang senantiasa berubah secara aditif atau subtraktif. Menurut Glass, teknik ini dia kembangkan setelah mengalami konsep "Tala" dalam musik India. Prinsip "Tala" dalam musik India adalah suatu kerangka metrik (misalnya 3+2+2+3+2) sekaligus menentukan aspek formal, karena kerangka metrik susunan unit-unit ketukan tersebut selalu diulangi, walaupun tidak secara nyata sebab para musisi bisa mengisinya dengan ritme-ritme yang bermacam-macam. Lalu, Glass sama sekali tidak menggunakan prinsip ini dengan cara seperti pada musik India. Glass hanya mementingkan teknik aditif dan subtraktif. Prisip demikian itu itu kelihatan agak sama dengan berbagai teknik prosesual dari Stave Reich, namun terdapat perbedaan yang sangat mendasar , sebab Glass tidak mengutamakan suatu proses yang teratur. Glass juga tidak bekerja dengan prinsip "phase shifting', melainkan proses perubahan minimal dalam musiknya bersifat lebih linier atau horisontal. Pada karya "strung out" nilai ritmis selalu sama, yaitu not seperdelapan. Motif dasar adalah lima not pertama yang dibagi 3. Pada ulangannya dua not pertama didobel dan not akhir c dihapus menjadi 2+2+ pada ulangan ketiga nada c ini dimuat setelah dua not pertama dan ditambah satu not d menjadi 3+4. Ulangan keempat bersifat subtraktif sebab hanya sub-motif 4 diulangi lagi seterusnya. Walaupun kelihatan terdapat sistematika (5,6,7,4), ternyata hanya kadang-kadang demikian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar