Kamis, 17 April 2014

Musik, GAYA BIBOB (genre dalam musik jazz) Tahun 40-an

Unsur musik Swing serta penyebarluasannya, baik dalam bentuk pementasan serta rekaman-rekaman dan melalui siaran radio, cepat sekali menjadi terkenal di seluruh dunia dan akhirnya menjadi salah satu komoditi musik populer di Amerika yang sangat menonjol, bahkan musisi kaum Negro semakin menyesuaikan diri dengan unsur "entertainment"itu, contohnya (louis Armstrong). Tentu saja dengan persoalan "entertainment" keradikalan sebagai ekspresi masalah sosial kaum negro, semakin menurun, bahkan tidak ada sama sekali. Standarlah yang menjadi tolak kur seperti lazimnya dalam bidang musik populer dimana pun sampai hari ini, malah musik itu cenderung menjadi klise saja. Walaupun Duke Ellington serta musisi lain tidak mengikuti trend tersebut dengan sepenuh hati, mereka juga sering menyajikan repertoire-repertoire yang lebih ringan...(selanjutnya anda dapat lihat di situs internet)

HArMonI dalam Musik Bibob

Hal yang paling disukai oleh musisi Bebob adalah sebuah "Voicing" dengan interval kuint kurang -kuart murni. Yang menarik justru struktur ini bisa muncul dalam dua arti yaitu kuint kurang-kuart murni atau kuart lebih-kuart murni. Dua-duanya sama bunyinya akan tetapi sumber nada dasar berbeda: Versi satu adalah (dilihat dari nada dasar yang tidak ada atau dimainkan oleh bas hanya sebagai lintasan) ters Mayor/septim kecil dan ters minor diatas (yang juga disebut "non augmented" atau desim kecil, biasanya 9+ atau 9# untuk menjamin kesan urutan ters. Walaupun tanda harmoni seperti disini adalah D7,9# nada dasar bisa dimainkan bisa tidak-terutama dalam iringan). Kemudian versi kuart lebih-kuart murni bertolak dari urutan-dilihat dari suatu nada dasar -septim kecil/ters Mayor dan 13 (sama dengan seks (tk 6)tetapi tetap urutan ters diperhatikan). Dengan demikian urutan akor f#-c-f kemudian f-b-e bisa ditafsirkan sebagai D7,9#-G7,13 yang menuju ke C-Mayor sebagai TK II-V-I dan kalau mau TK V masih bisa divariasikan dengan tambahan kuint D yang diturunkan menjadi Db. Ini hanya sekilas tentang ciri khas harmonisasi Bebop yang tidak bisa dilihat terlepas dari gaya melodi yang sangat kromatis,sesuai dengan harmoni-harmoni tersebut. Maka perlu latihan pendengaran yang luas untuk tetap mengikuti kerangka harmoni traditional yang sebenarnya tetap ada
.

1 komentar:

  1. Hallo kang hery
    Saya iqum . Apa yg membedaan music bebob dan swing ya
    Mohon pencerahannya
    Salam jazz

    BalasHapus